Wall Cover Kamar Anak Anda Utamakan Keamanan Bahan

Advertisement
Jakarta - Terkecuali cat serta keramik, dinding interior tempat tinggal dapat juga dilapis serta dipercantik dengan wall cover, lembaran dekoratif yang terbuat dari bermacam bahan : vinil, kain, tetumbuhan, kulit binatang, kertas, dan sebagainya. Product ada dalam beragam warna, motif, serta struktur. Jadi kita dapat mengeksplorasi penampilan dinding lebih kreatif. Lantaran pilihan bahan yang semakin bermacam (dari awal mulanya cuma kertas/wall paper), pasar wall cover juga meluas, bukan sekedar kelompok atas.

Menurut Raja Aria, Project Manager Layer, merk wall paper lokal dibawah Adorama Grup (perusahaan layanan bikin photo, kanvas serta album), umumnya wall cover diterapkan di ruangan sebagai focal point (menarik perhatian mata). “Paling kerap di kamar tidur, terkecuali dapur, ruangan keluarga, ruangan tamu serta ruangan makan, ” tutur Lunardy, GM Goodrich Global Indonesia, produsen wall cover merk Goodrich.

Cost wall cover dapat lebih tinggi atau lebih rendah di banding cat serta keramik bergantung bahan. Untuk menghemat cost, kita dapat memakai wall cover dengan bahan tidak sama untuk tiap-tiap ruangan. Umpamanya, wall paper dari vinil yang glossy, tak gampang robek, mudah dibikin bersih, serta tahan lama, untuk dinding dapur, dan wall paper dari kain yang lebih alami serta hangat meski lebih mahal untuk kamar tidur.

Kita dapat juga pilih wall cover dari tekstil sintetis (geotextile) atau non- woven (nonanyaman) seperti polyester atau polypropylene (polimer) yang lebih menawan, lembut serta halus mirip kain, elastis, tahan lama, dapat didaur-ulang, serta dapat menghadirkan motif yang agak detil. “Hanya harga nya juga lebih mahal, ” kata Lunardy.

Karina, Head Distributor For Wallpaper Division Wisma Sehati (Jakarta), distributor bahan bangunan untuk tempat tinggal golongan atas, menyampaikan, pemakaian wall cover dapat lebih murah dari pada cat. Umpamanya, wall cover gulungan (rol) memiliki ukuran 53 cm (lebar) x 10 m (panjang) harga nya sesudah potongan harga Rp270 ribu atau cuma Rp50 beberapa ribu/m2, di banding cat berkwalitas yang lebih mahal dengan mempertimbangkan cost tukang serta lama pelaksanaannya. “Dengan wall paper satu hari dapat kerjakan dua kamar, ” tuturnya.

Dapat dicopot

Wall cover cuma diterapkan di dinding beton. Tidak sama dengan stiker yang terbuat dari plastik transparan yang dapat di-print digital dengan beragam warna, gambar atau pattern sesuai sama apa yang diinginkan, yang cuma dapat dipasang di permukaan kaca serta melamin dengan dilem. Untuk kamar anak, motif wall cover bermacam : bunga, pohon-pohon, buah, animasi, kartun, dan sebagainya. Yang terutama yakinkan bahan aman untuk kesehatan. Layer, produsen custom wall cover (di buat berdasar pada pesanan) dengan tehnik digital printing memakai mesin Latex yang berdiri th. 2014, tawarkan wall cover berbahan kertas dengan struktur flat (smooth) serta muncul (emboss). Struktur smooth dimaksud lebih ramah lingkungan. Tebalnya cuma 0, 1 mm. Tintanya berbasiskan air (water base) yg tidak berbau serta bebas bahan beracun.

“Bahan wall cover serta type tintanya mesti di pastikan mempunyai sertifikasi aman untuk penggunaan indoor serta bersentuhan dengan anak-anak, seperti sertifikasi UL Ecologo serta GreenGuard Children & School. Kami telah diperlengkapi sertifikat itu, ” kata Raja. Perekatan product ke dinding tak perlu lem konvensional, cukup hanya mencelupkan semua wall cover ke air, lalu ditempel ke dinding. “Lembaran telah ada lemnya. Jadi segera nempel di dinding, ” tuturnya.

Bila jemu, lembaran dapat dicopot serta ditempel ke dinding yang lain. Langkahnya, semprot wall cover dengan air, lantas tarik perlahan hingga terlepas dari dinding. “Kertasnya tidak lengket di tembok lantaran aplikasinya menggunakan air, ” katanya. Demikian sebaliknya wall cover dengan struktur emboss (ketebalan 0, 4 mm) mesti ditempelkan dengan lem. “Teknologi kertasnya lain hingga dianjurkan diterapkan dengan lem, ” tuturnya. Type smooth di jual Rp450 ribu/m2 di banding emboss yang cuma Rp395 ribu. Cost pemasangan Rp70 ribu/m2.

Motif photo diri

“Harga kita lebih mahal dari wall cover rol-rolan lantaran custom. Jadi corak serta motifnya exclusive, ” kata Raja. Ketahanan motif digaransi 15–20 th.. Sebelumnya di-print, customer diberikan sebagian contoh. “Kalau warna serta motif telah oke, baru kita print, ” lanjutnya. Peminat tinggal datang ke galeri Layer di lokasi Menteng, Jakarta Pusat, pilih type kertas, motif, serta ukurannya. Tim Layer lalu mendatangi tempat tinggal customer untuk mengukur. “Minimal tiga hari beres, paling lama sebulan, bergantung ukuran, ” katanya.

Terkecuali motif-motif diatas, wall cover kamar anak dapat pula menggunakan motif photo dianya. “Misalnya photo si anak serta keluarganya di beberapa peristiwa utama, ” kata Raja. Resolusi photo yang akan jadikan motif mesti diatas 12 megapiksel untuk wall cover berdimensi optimal 5 x 10 m2 supaya hasil printnya bagus. Customer dapat pula menggunakan layanan photo yang disiapkan Layer seharga Rp100 ribu–1 juta bergantung tingkat kerumitan. “Ada pelanggan yang menginginkan design sarung bantal di tempat tinggalnya direpro sebagai motif wall paper. Kita photo dahulu, dirapikan di computer, di-test print, baru diciptakan, ” tuturnya.

Dilukis

Terkecuali di-printing, ada pula wall cover yang diciptakan dengan mesin di pabrik seperti product Goodrich. Warna serta motifnya telah given, tak dapat customized. Bila yang printing cuma dapat membuahkan satu warna di permukaan wall cover memiliki tekstur (emboss), wall cover mesin dapat dua. Umpamanya, garisgaris emas di struktur paling atas serta warna hijau di struktur basic. Finishing materialnya juga dapat gabungan, seperti beludru di permukaan paling atas serta kertas atau bahan non-woven dibagian belakang. “Jadi finishing-nya juga lebih kaya, ” kata Lunardy.

Baca juga:

Banyak wall cover mesin di buat dari vinil, lantaran bahan turunan plastik itu fleksibel dibuat, bahkan juga dapat hingga mirip leather (bahan kulit). Goodrich jual wall cover-nya Rp500 ribu–5 juta/rol (ukuran standard 53 x 10 cm/rol) untuk pasar residensial bergantung bahan, warna, motif, serta struktur, serta Rp60–800 ribu/m2 untuk pasar komersial (kantor, hotel, mall). Goodrich juga sediakan wall cover dengan motif yang dilukis tangan (hand painted). Lantaran di produksi di Cina, pelaksanaannya paling cepat 30 hari. Harga nya Rp3, 5–6 juta/m2 bergantung kerumitan lukisan, type wall cover, ukuran, serta jumlah order. “Pelukisnya segera dari Cina, lantaran selama ini yang paling banyak dipesan lukisan oriental termasuk juga pegunungan-pegunungan di Tiongkok, ” katanya.

Wisma Sehati yang masuk ke usaha wall cover mulai sejak satu tahun lantas, juga tawarkan product jadi Graham & Brown (Inggris) yang ada dalam 300 motif. Untuk anak-anak motifnya tokoh-tokoh animasi dari Sun Rio, Disney, Marvell, dan sebagainya. “Motif serta warnanya long lasting hingga anak berumur remaja. Berbahan dari paper lantaran lebih ramah lingkungan, ” kata Karina. Semuanya product non-woven dengan kata lain dapat dikletek serta dipindahkan ke dinding lain. Harga nya Rp300 ribu–1, 3 juta/rol (53 cm x 10 m) bergantung bahan serta finishing. Finishing dengan beludru termasuk paling mahal. Cost pemasangan Rp50–80 ribu/rol.

Advertisement
Wall Cover Kamar Anak Anda Utamakan Keamanan Bahan | Unknown | 5